Langkah-Langkah yang Tepat Cara Menanam Bunga Melati

cara menanam bunga melati

Di Indonesia bunga melati cukup populer karena harum bunganya yang semerbak. Melati termasuk dalam genus semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun. Di seluruh dunia ada sekitar 200 spesies bunga melati. Melati merupakan tanaman asli tropis maupun subtropis artinya ia cocok dengan segala musim. Cara menanam bunga melati tak merepotkan sama sekali. Sangat mudah untuk tumbuh dan berbunga.

Penyiapan Bibit

Tanaman bunga melati dapat diperbanyak dengan stek batang. Anda dapat menyiapkannya sendiri bila memang sudah punya tanaman melati yang dewasa. Cukup pilih batang yang sudah besar seukuran pensil. Batang yang dipilih harus menunjukkan pertumbuhan yang subur ditandai dengan banyaknya daun dengan warna hijau agak kecokelatan. Potong batang dengan panjang kurang lebih 15 cm.

Siapkan media tanam berupa tanah humus yang sudah dicampur pupuk kandang yang ditempatkan di dalam polybag. Bila media tanam sudah siap, segera tanam batang stek tadi dengan cara menancapkannya ke media tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm.

Selama masa pembibitan, tempatkan di lokasi teduh yang tak terkena cahaya matahari langsung. Biarkan bibit menumbuhkan tunas-tunasnya lebih dulu sebelum dipindah ke pot atau halaman untuk ditanam. Namun bila anda tak punya tanaman bunga melati sebelumnya, kini sudah banyak yang menjual bibit tanaman bunga melati dengan harga yang cukup terjangkau.

Menyiapkan Tanah untuk Menanam

Umumnya bibit melati bisa tumbuh dengan baik pada tanah subur dan cukup air. Bila ditanam di dalam pot, media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dengan pupuk kompos sehingga tanaman bisa menghasilkan bunga. Bila menanam di tanah halaman, coba buat lubang lalu tuangkan air ke dalamnya bilamana air tersebut segera meresap kedalam, berarti tanah tersebut memiliki pori-pori yang baik.

Jangan menanam di tanah dimana air meresap dengan lambat sebab nantinya akar bisa busuk terendam air. Untuk cara menanam bunga melati, buat lubang seukuran akar kemudian masukkan tanamannya. Padatkan tanahnya dengan menekan-nekan menggunakan tangan. Siram di sekeliling tanaman agar tanahnya memadat.

Butuh untuk karangan bunga bisa cek di Aliciaflorist.com

Anda pun harus memberikan tiang penyangga dari bambu agar batang tanaman melati tetap tegak. Ikat dengan tali rafia jika memang diperlukan.

Penyiraman yang Benar

Anda harus selalu mengecek bahwa media tanah selalu dalam kondisi lembab akan tetapi tak sampai lembek. Untuk memastikan kapan menyirami tanaman bunga melati yaitu sedang tanah mulai nampak kering. Kalau Anda menanamnya di pot, cek bahwa tanahnya memiliki drainase yang baik artinya air langsung meresap ke dalam. Lakukan penyiraman sehari sekali. Penyiraman dilakukan di bagian tanahnya sedikit demi sedikit sehingga air bisa meresap sempurna, tidak meluber.

Pemupukan

Meski tanaman bunga melati cukup mudah dalam pertumbuhannya, namun agar maksimal maka harus dilakukan pemupukan. Pemupukan dilakukan sebulan sekali menggunakan pupuk kompos dengan jumlah seperlunya saja, jangan sampai terlalu berlebihan. Pupuk kandang atau pupuk buatan pun bisa diberikan dengan takaran mencukupi. Bilamana tanaman melati terlihat rimbun daunnya, namun tak berbunga, boleh jadi konsentrasi unsur nitrogen dalam tanah cukup tinggi. Masalah tersebut sering muncul jika Anda terlampau banyak menambahkan pupuk.

Pemangkasan Rutin

Dalam proses cara menanam bunga melati, pemangkasan harus dilakukan. Tanaman melati merupakan tipe tanaman merambat, jadi Anda akan membutuhkan tiang untuk menjaganya tetap tegak. Karena sifatnya yang bisa merambat kemana-mana, Anda harus bersiap untuk memangkasnya secara teratur. Pangkas tanaman segera setelah mekar, jangan biarkan terlalu lama. Volume yang bisa dipangkas maksimal sepertiga dari seluruh tanaman.

Terimakasih, Aliciaflorist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *